ULASAN MONITOR GAMING VIEWSONIC XG2405: PERFORMA BAGUS DAN MAHAL DENGAN TANGKAPAN

Dengan para pembuat GPU yang mengarahkan pandangan mereka pada game 4K dan harga CPU yang menurun – berkat Intel yang berjuang dan AMD yang bangkit kembali – game 1080p dengan kecepatan refresh tinggi tidak begitu jauh dari jangkauan seperti yang diyakini orang.

Dengan panel 24-inci 144 Hz yang sekarang dijual di bawah 20k, harga monitor cepat jelas turun. XG2405 ViewSonic adalah jenis ini, dan menawarkan waktu respons MPRT 1 ms ditambah dengan kecepatan refresh 144 Hz dan sertifikasi AMD FreeSync Premium. Resolusinya, tentu saja, 1080p, dan monitor dapat dimiliki dengan harga sekitar 19k di situs e-commerce, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di lg ultragear meluncurkan monitor gaming oled melengkung di ifa.

Bangunan kokoh

Desain XG2405 sederhana, kokoh, dan fungsional. Basisnya berat dan lengan monitor tunggal sangat kokoh. Dudukan yang dapat disesuaikan ketinggiannya dapat mencapai 120 mm dan Anda mendapatkan penyesuaian kemiringan -5°/20°. Monitor juga dapat berputar 90°, sehingga sangat mudah untuk mengaturnya sesuai keinginan Anda. Ini juga kompatibel dengan dudukan VESA 100×100.

Ketika datang ke desain, satu-satunya keluhan kecil yang saya miliki menyangkut tombol OSD (tampilan di layar). Tombol-tombolnya dipasang di belakang monitor dan terasa tidak enak. Selain itu, monitor yang lebih baru hadir dengan joystick, yang membuat pengaturannya terasa agak kuno. Namun, XG2405 dibuat dengan mengesankan dan saya tidak memiliki keluhan apa pun.

Ini tampilan yang cepat

Jika Anda memainkan penembak cepat seperti Call of Duty atau Counter Strike Global Offensive pada PC yang cukup kuat, Anda akan melihat sedikit atau tidak ada blur atau lag, berkat kecepatan refresh 144 Hz itu.

Ada tiga opsi overdrive untuk dipilih untuk meningkatkan waktu respons, tetapi saya tidak dapat membedakannya, jadi tetaplah pada opsi tercepat untuk itu. FreeSync juga berarti bahwa GPU AMD dan GPU Nvidia yang lebih baru akan secara dinamis menyinkronkan frame-rate mereka dengan kecepatan refresh layar, mengurangi robekan.

Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa meskipun monitor memiliki waktu respons cepat 1 ms, ini adalah waktu respons MPRT (waktu respons gambar bergerak) dan bukan waktu respons GtG (abu-abu ke abu-abu), yang lebih tinggi (sekitar 4 ms). Mode 1 ms harus diaktifkan secara terpisah di pengaturan, dan ini juga tampaknya menonaktifkan FreeSync.

Lampu latar menyala FTW? Tidak persis

Monitor menggunakan lampu latar yang menyala untuk mendapatkan waktu respons ajaib 1 mdtk. Motion blur disebabkan oleh kegigihan penglihatan, ketika piksel tetap berada di layar terlalu lama. Dengan mem-flash (menyorotkan) lampu latar sekali setiap milidetik, monitor menciptakan kesan waktu respons piksel 1 ms dengan mengurangi durasi setiap piksel terlihat. Kelemahan dari metode ini adalah berkurangnya kecerahan yang dirasakan, peningkatan kedipan di beberapa adegan, dan FreeSync yang tidak kompatibel.

Mengingat kecerahan maksimum panel ini agak rendah hanya di bawah 240 nits, saya lebih suka membiarkan mode 1 ms dinonaktifkan.

Berbicara tentang kecerahan, tumit Achilles XG2405 memiliki tingkat hitam yang buruk, jika Anda ingin membeli monitor gaming dengan harga terjangkau di Buy Gaming Monitor Singapore.

Hitamnya terlalu terang

Tingkat hitam, ukuran kecerahan hitam paling gelap yang dapat ditampilkan oleh layar, sangat penting untuk kontras dan saturasi warna yang baik. Sayangnya, tingkat hitam XG2405, diukur dengan kolorimeter Spider 3, mencapai 0,87 cd/m2 yang mengerikan. Idealnya, saya berharap untuk melihat sesuatu di urutan 0,4 cd/m2 atau lebih rendah.

Warna hitam cerah dan kecerahan keseluruhan rendah berarti rasio kontras monitor ini hanya berukuran 214:1, bukan 1000:1 yang diklaim. Bayangan dalam dan adegan malam memiliki cahaya seperti susu, yang membunuh imersi dalam game horor seperti Resident Evil , dan dalam film. Tingkat kontras hitam yang buruk juga buruk untuk pengeditan gambar dan video. Ini menyedihkan, karena akurasi warna monitornya fantastis. Ini mencakup 100 persen spektrum sRGB dan delta E rata-rata (variasi warna dan nada dari nilai yang diharapkan) datang pada 0,35 bintang, yang jauh di bawah ambang batas di mana mata manusia dapat mencatat kesalahan.

Putusan: Ada alternatif yang lebih baik

Untuk alasan apa pun, Viewsonic membebankan sedikit premium untuk panel ini. Meskipun dijual dengan harga sekitar Rs 19k, monitor pesaing seperti MSI Optic G241 dan BenQ Zowie XL2411P dijual dengan harga di bawah 17k. Kedua pesaing sama-sama kekar dan membanggakan set fitur yang serupa, dan mungkin kontras yang lebih baik.

Jika Anda ingin membeli monitor gaming dan perlengkapannya Anda dapat membelinya di Buy Gaming Monitors.

Leave a Reply

Your email address will not be published.